Thursday, January 1, 2009

Renungan di Penghujung Tahun

2008 telah kita lewati bersama,rasakan bersama,dan renungkan bersama,apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan tahun 2008? Kekurang menjadikan kita lebih bersabar,dan lebih bersyukur,karena menjadi penghalaman hidup, yang memang harus dilalui. Tapi ,tetap harus kita bersyuukur apapun hasilnya. Bilamana kelebihan kelebihan yang kita dapatkan ,pada tahun 2008,maka itu menjadi modal untuk meningkatkan kwalitas diri,ditahun depan.
Tahun kemarin adalah tahun standar,dimana tahun 2008 dijadikan standar untuk melangkah di tahun 2009,karena telah menjadi evaluasi, mana yang lebih dan kurang, semua menjadi modal awal ,di tahun selanjutnya. Saldo awal ini bisa mines atau plus, semua akan menjadi hasil penjumlahan, dan mendapatkan hasil memuaskan atau tidak.
Dalam menjalani proses kehidupan ,tidak luput dari kesalahan kesalahan, maupun kekurangan-kekurangan ,tapi yang paling penting adalah menyadari kesalahan ,kekurangan itu. Penyadaran terhadapat tindakan akan membuat kita lebih dewasa,bijak dan pada akhirnya menjadi kehidupan lebih berkualitas.
Sangat berat dan sulit menghadapi atau menjalani proses kehidupan karena banyak tantangan dan godaan, sering buat kita mabuk dan tergilas oleh proses itu. Tapi kalau kita sadar,maka proses itu akan berjalan ,mengalir begitu saja tanpa kita rasakan, seprti air mengalir. Sehingga akan kita rasakan, kenikmatan terhadap proses itu.
Dalam kehidupan ada tiga tahapan yang harus dilewati, yaitu :
Input , adalah masukan yang akan kita gunakan dalam proses kehidupan, seperti, nilai moral,mental, motivasi , lingkungan keluarga, dan lingkungan sosial.
Proses ,adalah yang harus dilalui dalam kehidupan ,dengan berbekal nilai input maka mampu menjalani ,menghadapi,memilah, dan mencari jalan keluar ,yang terbaik untuk diri sendiri,dan orang banyak.
Out put ,adalah hasil yang didapat dari proses itu ,dan menentukan kwalitas pada kehidupan.
Dengan berbekal pada kesadaran apa yang kita lewati, maka menghadapi tahun 2009,akan lebih optimis, bersemangat, dan selalu menjadi lebih baik ,untuk diri sendiri atau lingkungan. Dengan demikian maka hambatan –hambatan ,kerisi ekonomi yang menghadang kehidupan kita ,sudah siap melewatinya.
Renungan ini ,merupakan kado buat diri saya, anak-anak saya, dan keluarga, semoga ,melangkah kedepan semakin optimis. Selamat tinggal tahun 2008 dan selamat datang tahun 2009 sebagai tahun harapan kita bersama.

No comments:

Post a Comment